Berhijab Syar’i

0
271

“kamu ngapain berhijab panjang gitu? mau jadi ustadzah?” | berhijab syar’i bukan cuma ustadzah kali.. semua Muslimah juga diperintah

“kamu mau jadi teroris pake hijab panjang kayak gitu?” | kerudung melabuh ke dada dan jilbab lebar itu perintah Allah dear

“hijab biasa aja kali, nggak usah ekstrim, berlebihan ah” | lho, jadi sekarang kamu merasa lebih tau tentang ‘hijab syar’i yang benar’?

“iya, hijab panjang kayak kamu itu nggak menarik” | tujuan hijab memang membuatmu nggak diperhatikan, bukan malah menarik perhatian

“berhijab syar’i kayak kamu itu bikin ribet” | justru simpel, nggak banyak jarum, peniti, bahan, belitan, asesoris, temali, kawat

“tapi ya sesuaikan dengan zaman lah” | menyesuaikan zaman atau mode maksudnya? hijab itu ibadah, menyesuaikan Allah harusnya

“percuma aja hijab syar’i kalo kelakuan masih jelek” | hijab syar’i itu doa, agar Allah juga membenahi akhlak, hargai usaha dear

“aku baru mau berhijab syar’i kalo udah siap” | bersiap itu artinya melakukan bukan menanti, berusaha bukan berdiam

“kantor mana yang mau terima hijab syar’i begitu?” | rezeki itu milik Allah, yang taat pasti dibantu, daripada dapet tapi nggak berkah?

“cowok mana yang mau nikahi yang berhijab syar’i?” | yang jelas bukan cowok-cowok yang kamu kenal, tapi mereka yang mengenal Allah, mau

“aku bakal dijauhi temen-temen kalo berhijab syar’i begitu” | Allah akan ganti dengan temen-temen yang lebih baik, yang mendukung yang baik

“hijab syar’i bikin aku terbatas geraknya” | memang hal baik itu mengajak kita pada yang baik dan menjauhi yang buruk

“hijab syar’i itu nggak gaul” | memang kita bukan untuk digauli, tapi dihormati dan dimuliakan, sebagaimana perintah Allah

“nggak, aku nggak bisa berhijab syar’i” | nggak bisa beda dengan nggak mau, Allah wajibkan pasti kita bisa kalau kita mau

“hijab syar’i itu gimana sih?” | simpel, gamis lebar tak transparan, dipadu kerudung panjang menutupi dada, dan kelakuan tidak berlebihan

“maksudnya gamis lebar?” | pakaian yang tak menampakkan lekuk tubuh, dan diulurkan ke seluruh tubuh, seperti gamis, liat QS 33:59

“maksudnya kerudung panjang?” | kain yang dipakai untuk menutupi kepala, sampai menutup pada keseluruhan dada, liat QS 24:31

“maksud kelakuan tak berlebihan?” | jangan berbuat semua hal yang bakal mengundang perhatian kepadamu, tabbaruj itu, liat QS 33:33

“misalnya tabbaruj?” | baju yang terlalu ribet, gaya foto di-unyu-unyu-in, suara di-kiyut-kiyutin, semua yang menarik perhatian lelaki

“hehe.. sering tuh liat yang begitu” | banyak, haus perhatian lelaki, seneng kalo fotonya dikomen lelaki dengan “subhanallah ukhti..”

“jadi nggak boleh pasang PP diri gitu?” | bukan gitu, cari PP yang nggak undang fitnah aja, kadang tanpa sadar PP kita pilih yang caper

“oh, jadi hijab itu kelakuan juga ya?” | bener, emang mau foto kita didownload, dinikmati cowok sedunia maya? atau jangan-jangan demen?

“wah, susah juga ya berhijab syar’i?” | susah tapi bukan nggak mungkin, selangkah demi selangkah, sadar dan mau taat itu bagian pahala

“terus aku mulai darimana?” | mulai dengan cari komunitas berhijab syar’i, yang paling penting ikut kajian rutin biar pemahamannya naik

“aku masih bimbang” | mulailah melangkah, bimbang akan sirna, lakukan karena Allah insyaAllah mudah, banyak yang sudah kini giliranmu

ini Hijab Syar’i = Khimar (QS 24:31) + Jilbab (QS 33:59) – Tabarruj (QS 33:33) |

—————-

Sampaikanlah Ilmu Dariku Walau Satu Ayat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here