Beberapa kali dalam status saya. saya mengisahkan tentang kisah kisah pasangan suami istri yang cukup menyedihkan..
 
Karena memang Pekerjaanku yang mengharuskan berinteraksi dengan Banyak Manusia, memberi banyak hikmah dan perenungan..
 
Bahwa Masih lebih banyak Alasan untuk bersyukur daripada Mengeluh, bahwa tak selamanya Kecukupan Materi berbanding lurus dengan Bahagia, walaupun memang sangat banyak yang bisa dibeli dengan Uang..
 
Tapi bukan Bahagia…
 
Beberapa waktu lalu saya banyak bertemu dengan beberapa wanita yang rata rata berstatus Janda, Ketika ditanya “Mengapa memilih Jadi Janda ?” Jawabnya beda beda..ada yang jawab “tidak ada kecocokan”, ada yang jawab “Suami saya ndak bisa penuhi kebutuhan hidupnya”, dan adapula yang terus terang “pukulan suami kurang mantap !”
 
Dari sisi alasan cerai dan penampilan sebenarnya bisa di ketahui kok bagaimana tipikal kebanyakan wanita itu..
 
Wanita-wanita yang jauh dari tuntunan, yang tidak menjaga hak-hak suami, yang kebanyakan bergaul bebas dengan teman-temannya.. atau mereka sebelum berumah tangga bertemu dalam sebuah hobi dan kebiasaan yang menjadikan nafsu sebagai Qudwah…
 
Dan kasiannya ternyata kehidupan mereka pasca bercerai dengan suami-suaminya bukannya membaik, justru makin tidak menentu…
 
Ada yang jadi istri simpanan, padahal sebelumnya dia dijadikan Ratu oleh Suaminya yang dulu..
Ada yang hanya jadi selingkuhan..
Ada yang Jadi piaraan para cina kaya.. dll..
Bahkan ada yang dimanfaatkan jadi kurir Narkoba dengan iming-iming akan dinikahi…
 
Ada juga yang berkata “ndak lama pak saya akan dapat pengganti suami yang mantap !”, Tapi sampai saat ini masih nelangsa karena ternyata Kriteria suami idaman yang wajib lebih baik dari suaminya yang dulu belum dia temukan..
 
Mereka dihinakan Allah akibat tak mensyukuri dan tidak menjaga Nikmat Allah berupa suami..
 
Mereka berangan angan mendapatkan suami yang perfect, padahal para pria “perfect” itu juga bukan laki laki bodoh.. mereka hanya memanfaatkan para wanita itu, karena seburuk apapun mereka, pasti tetap menginginkan Ibu yang baik untuk anak anak mereka.. bukan wanita yang gampang meninggalkan suaminya hanya karena sedikit janji…
 
Disisi lain saya juga bertemu beberapa wanita yang memang mungkin menjanda adalah pilihan terbaik, mereka adalah wanita-wanita yang berusaha menjaga rumah tangga nya dengan segala cara, mendambakan memiliki suami yang mereka bahasakan “Menjadi Imam yang baik” untuk mereka, mereka berharap rumah tangga mereka adalah Rumah tangga Normal seperti halnya Rumah tangga orang lain..
 
Tapi kenyataan berkata lain, Mulai dari keluhan suami tak pernah memberikan nafkah materi, Suami selingkuh dan jarang pulang, suami sering mukul dan jadi Bandar Narkoba..
 
Imbasnya adalah anak anak mereka yang kebingungan melihat tingkah pola bapak mereka, Anak anak tu kehilangan figur ayah.. atau bahkan memberi contoh yang buruk buat anak anak mereka..
 
Ayah yang diharap bisa menjadi sosok pelindung justru memperlihatkan hal hal yang tidak pantas..
 
Yang akhirnya setelah bertahun-tahun diusahakan agar baik, tapi ternyata mungkin pilihan menjadi single Parent (menjanda) adalah pilihan yang paling sulit tapi harus dijalani…
 
Dan mungkin dalam hati kecil mereka sangat sedih melihat suami wanita lain tak seburuk suami mereka yang dulu..
 
Padahal mereka tak menuntut suami mereka sebaik suami orang, mereka hanya ingin agar suami mereka tidak buruk buruk amat, dan mereka akan bersabar untuk keburukan lainnya..
 
Untuk tipe Janda pertama yang saya sebutkan pertama saya tidak terlalu peduli, toh mereka sendiri yang pilih jalan itu, tak pernah mensyukuri nikmat berupa suami yang baik.. merasa sok cantik, sok laris, dan merasa bisa dapat suami yang lebih baik..
 
Saya hanya berharap agar Para janda tipe kedua bisa digantikan Allah dengan ganti yang lebih baik, atau jika memang belum ditakdirkan untuk mendapat yang lebih baik, maka mudah-mudahan Allah menyiapkan untuk mereka suami di surga yang tak pernah lagi menzhalimi mereka…
 
Dititik inilah Kadang saya merenung.. bahwa masih banyak alasan untuk bersyukur…
 
Status ini didedikasikan untuk para wanita yang mungkin menjanda adalah pilihan terbaik dari yang terpahit..
* Fathul | © JIKA MEMANG HARUS MENJANDA ©
Sampaikanlah Ilmu Dariku Walau Satu Ayat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here