Islam Asyik Deh [Seri 05]

0
311

TANYA JAWAB with Bendri Jaisyurrahman 
TANYA : Gimana sih biar bisa gampang bangun buat solat tahajud, kalo udah bangun penginnya tidur lagi? (Raih Yulianti ~ Jakarta)
JAWAB :
Ukhti raih yulianti yang shalihah, pertanyaan kamu amatlah bagus. Itu tandanya kamu punya niat baik buat bisa bangun sholat tahajud. Nah, niat yang kuat ini bisa jadi jalan juga biar bisa bangun pas tahajud. Karena itu kuatkan niat kamu juga ya. Kalau udah, mulai atur pola tidur kamu. Jangan begadang jika tiada artinya. Begadang boleh saja kalau ada perlunya (lah? Jadi nyanyi). Sungguh ter..la..lu..hehe..
Jika sempat, tidur sesaat di siang hari. Agar saat malam kamu tidak terlalu mengantuk. Atau kalau gak sempat tidur siang, ya tidurlah lebih awal setelah sholat isya plus jangan kekenyangan makan. Habis itu kuatin niat buat bangun dan minta ke Allah “ya Allah nanti malam, aku ingin berbincang mesra denganmu lewat tahajud, bangunkan aku ya Allah. Usirlah setan-setan yang menggodaku untuk tetap tidur”. Nah, permohonan sungguh-sungguh kamu akan membantu proses bangunnya kamu dengan kondisi fresh.
Selain itu, hal yang mempermudah kita buat bangun di malam hari adalah jangan lakukan maksiat di siang hari. Sebab maksiat yang kita lakukan di siang hari akan mematikan hati hingga ia sulit diajak kompromi buat bangun di malam hari. Makanya siang hari perbanyak amal sholih yang bisa bantu kamu buat bangun pas tahajud. Misalnya traktir saya makan siang di restoran sederhana (idiiih…ngareep) grin emoticon Pokoknya banyakin amal sholeh deh…
Kalau masih susah juga, coba bantu pakai weker yang nyaring. Nah, wekernya kamu masukkin dalam kotak yang digembok terus gemboknya kamu buang ke halaman luar. Jadi pas bunyi weker nyala, kamu sempet-sempetnya nyari kunci gembok di halaman luar kan? Khawatir dimarahin warga se-RT. insyaAllah gak ngantuk lagi deh hehe
Selamat bertahajud ya. Doakan saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here